Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Real Madrid dan Barcelona Dilarang menggunakan kata El Clasico


Barcelona dan Real Madrid dilarang menggunakan istilah "El Clásico" untuk menggambarkan pertandingan mereka. Kantor Paten dan Merek Dagang Spanyol (SPTO) memutuskan pada 26 Mei 2023, bahwa istilah tersebut terlalu mirip dengan merek yang sudah ditetapkan oleh La Liga, yang dikenal sebagai "ElClásico." 

SPTO juga menyatakan keprihatinannya tentang potensi kerusakan reputasi liga domestik Spanyol jika kedua tim terus menggunakan istilah tersebut untuk menyebut pertandingan derby reguler mereka.

Barcelona dan Real Madrid memiliki waktu satu bulan untuk memutuskan apakah akan mengajukan banding atau tidak atas keputusan tersebut. Jika mereka tidak mengajukan banding, mereka akan diminta untuk berhenti menggunakan istilah "El Clásico" di semua materi promosi mereka.

Istilah "El Clásico" banyak digunakan untuk menyebut pertandingan antara Barcelona dan Real Madrid. Persaingan kedua klub ini merupakan salah satu yang paling intens di dunia sepakbola, dan pertandingannya selalu sangat dinantikan. Putusan SPTO merupakan perkembangan yang signifikan, dan akan menarik untuk melihat bagaimana tanggapan Barcelona dan Real Madrid.

Ada kemungkinan kedua klub akan mulai menggunakan nama yang berbeda untuk pertandingan mereka. Namun, tidak tertutup kemungkinan mereka akan mengajukan banding atas putusan SPTO tersebut. Jika mereka mengajukan banding, tidak jelas apa hasilnya. Keputusan SPTO bersifat final, namun ada kemungkinan pengadilan yang lebih tinggi dapat membatalkannya.

Hanya waktu yang akan menentukan bagaimana keputusan SPTO akan berdampak pada penggunaan istilah "El Clásico." Namun, jelas keputusan tersebut merupakan perkembangan yang signifikan, dan akan menarik untuk melihat bagaimana tanggapan Barcelona dan Real Madrid.