Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PSSI umumkan klub Indonesia yang mendapatkan AFC Club License untuk tahun 2023



Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengumumkan hanya tujuh klub dari Liga 1 Indonesia yang lolos ke AFC Club License 2023. Ketujuh klub tersebut adalah:

  • Bali United
  • Madura United
  • Borneo FC
  • PSM Makassar
  • Persija Jakarta
  • Persib Bandung
  • Persebaya Surabaya

Lisensi Klub AFC adalah serangkaian kriteria yang harus dipenuhi klub untuk berpartisipasi dalam kompetisi AFC. Kriteria tersebut mencakup berbagai bidang, termasuk infrastruktur, keuangan, dan administrasi. Tujuh klub yang memenuhi syarat untuk Lisensi Klub AFC 2023 akan dapat berpartisipasi di Liga Champions AFC dan Piala AFC. Liga Champions AFC adalah kompetisi klub papan atas di Asia, sedangkan Piala AFC adalah kompetisi lapis kedua.

Lolosnya tujuh klub ini merupakan langkah positif bagi sepak bola Indonesia. Ini menunjukkan bahwa klub membuat kemajuan dalam memenuhi standar yang dibutuhkan untuk bersaing di level tertinggi di Asia. Lisensi Klub AFC adalah alat penting untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Asia. Ini membantu memastikan bahwa klub memiliki infrastruktur dan sumber daya yang diperlukan untuk bersaing di level tertinggi. Lolosnya tujuh klub Indonesia ini menjadi pertanda positif bagi masa depan sepakbola Indonesia.

Berikut adalah beberapa detail tambahan tentang Lisensi Klub AFC 2023:

Kriteria Lisensi Klub AFC 2023 didasarkan pada lima pilar berikut:

  1. Infrastruktur: Ini termasuk kriteria seperti kualitas stadion, fasilitas latihan, dan akomodasi.
  2. Keuangan: Ini termasuk kriteria seperti laporan keuangan klub dan kemampuannya untuk menghasilkan pendapatan.
  3. Administrasi: Ini termasuk kriteria seperti struktur tata kelola klub dan kepatuhannya terhadap regulasi AFC.
  4. Sporting: Ini termasuk kriteria seperti program pengembangan pemain muda klub dan catatan kepatuhannya terhadap AFC's Fair Play Code.
  5. Identitas klub: Ini termasuk kriteria seperti sejarah klub, basis penggemarnya, dan komitmennya terhadap tanggung jawab sosial.

Klub yang memenuhi kriteria Lisensi Klub AFC diberikan lisensi yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam kompetisi AFC. Lisensi Klub AFC adalah alat penting untuk meningkatkan kualitas sepak bola di Asia. Ini membantu memastikan bahwa klub memiliki infrastruktur dan sumber daya yang diperlukan untuk bersaing di level tertinggi.

Namun jumlah tersebut cenderung menurun pada tahun 2021 ada 9 klub asal liga Indonesia yang memenuhi license ini diantaranya Arema, Bali United, Borneo FC, Madura United, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya, dan PSM Makasar.