Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melakukan psyware saat press conference sebelum laga melawan Indonesia, Shongchai Thomcan malah menjadi biang kerok kekalahan Thailand



Pada sesi press conference sebelum laga pemain Thailand U-22 yang berposisi sebagai bek Songchai Thongcham melakukan psyware dengan mengatakan suporter indonesia tidak usah datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan final karena akan kecewa.

                                                                     Via : Goal Indonesia


Namun kesombongan pemain tersebut berbuah blunder, pada extra time babak pertama di menit 90 Songchai melakukan blunder setelah ia tidak mampu mengkontrol dengan sempurna bola operan dari pemain Thailand bernomor 14 dan akhrinya bisa dimanfaatkan oleh penyerang andalan Indonesia Irfan Jauhari dengan menchip bola melewati kiper Thailand Soponwit dan mampu membawa Indonesia unggul sementara dengan skor 3-2.




Unggul pemain Indonesia tancap gas melakukan penyerangan secara masif, Indonesia menambah keunggulan lewat tendangan keras Fajar Rahman pada menit 107, Indonesia unggul 4-2 ketertinggalan semakin jauh membuat para pemain Thailand kekurangan motivasi dan menjadi lengah, gol penutup Indonesia diciptakan oleh Beckham Putra pada menit 120, Indonesia pun pulang dengan medali emas.


Songchai Thongcham (lahir 9 Juni 2001) adalah pemain sepak bola profesional Thailand yang bermain sebagai bek tengah untuk Chonburi di Liga Thailand 1.


Thongcham memulai karirnya dengan tim yunior Chonburi pada tahun 2017. Dia melakukan debut seniornya pada tahun 2019 dan sejak itu menjadi pemain reguler di tim utama. Pada tahun 2021, dia masuk dalam Tim Terbaik Liga 1 Thailand Tahun Ini.


Thongcham juga pernah mewakili Thailand di level U-19 dan U-23. Dia adalah bagian dari tim U-23 Thailand yang memenangkan Kejuaraan AFF U-23 2021. Thongcham adalah bek yang kuat dan atletis dengan kemampuan passing dan permainan bola yang baik. Dia juga merupakan sundulan bola yang bagus. Dia dianggap sebagai salah satu bek muda paling menjanjikan di Thailand.


Sebelum laga Thongcham menjadi berita utama ketika membuat pernyataan kontroversial sebelum final SEA Games melawan Indonesia. Ia mengatakan tidak ingin suporter Indonesia datang ke stadion untuk menonton pertandingan. Pernyataan ini banyak dikritik oleh penggemar dan media Indonesia.


Thongcham kemudian meminta maaf atas pernyataannya dan mengatakan bahwa dia tidak bermaksud menyinggung siapa pun. Dia mengatakan bahwa dia hanya mencoba untuk memotivasi timnya dan dia tidak memikirkan konsekuensi dari kata-katanya.


Permintaan maaf Thongcham diterima oleh penggemar dan media Indonesia. Namun, kejadian itu meninggalkan rasa asam di mulut banyak orang. Ini adalah pengingat bahwa bahkan atlet terbaik pun bisa membuat kesalahan.


Terlepas dari kontroversi tersebut, Thongcham masih dianggap sebagai salah satu bek muda paling menjanjikan di Thailand. Ia berpotensi menjadi pemain bintang baik untuk Chonburi maupun timnas Thailand.